Para santri yang berasal dari wilayah kecamatan Abung Barat setiap hari datang ke PBM Az Zahra untuk belajar mengaji tanpa dipungut biaya. (Foto: Dompet Dhuafa)

ZNEWS.ID LAMPUNG UTARA – Sabda Rasululah SAW, “Bacalah Al-Qur’an, maka sesungguhnya ia akan datang di hari kiamat memberi syafaat kepada pembacanya.” Sabda Nabi Muhammad SAW lagi “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.”

Semangat sabda Nabi Muhammad SAW itulah yang diusung Pusat Belajar Mengaji (PBM) Az Zahra Dompet Dhuafa, yang berada Desa Cahaya Negeri, Kecamatan Abung Barat, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung. Dari tempat ini, setiap harinya berlangsung aktivitas belajar mengaji dan menghafal Al-Qur’an.

Pusat Belajar Mengaji (PBM) Az Zahra dibangun oleh Yayasan Dompet Dhuafa pada September 2020, mulai difungsikan 28 Juni 2021. H Ismail Agus Said dan Hj Siti Nasuyah warga Desa Cahaya Negeri, Kecamatan Abung Barat, Lampung Utara, merupakan sosok pemberi wakaf tanah seluas 2,3 hektare, yang kemudian dibangun Pusat Belajar Mengaji Al-Qur’an.

Para santri yang berasal dari wilayah kecamatan Abung Barat setiap hari datang ke PBM Az Zahra untuk belajar mengaji tanpa dipungut biaya. (Foto: Dompet Dhuafa)

Kepala PBM Az Zahra, Ustaz Surya Arifin pada Kamis (14/10/2021), pada acara media gathering yang diselenggarakan Dompet Dhuafa,  menyatakan bahwa goal yang ingin dicapai PBM Az Zahra adalah santri makin tumbuh cintanya terhadap Al-Qur’an. Setelah santri cinta Al-Qur’an, maka hari-hari mereka akan bersahabat dengan Al-Qur’an.

“Kelak, santri dapat mengajarkan ilmunya kepada orang lain,” ujarnya.

Surya Arifin menyebutkan bahwa PBM Az Zahra  sampai hari ini mempunyai 190 santri atau siswa. Mereka berasal dari wilayah kecamatan Abung Barat.

Setiap hari, para santri yang berasal dari wilayah sekitar datang ke PBM Az Zahra untuk belajar mengaji. Mereka belajar tanpa dipungut biaya. Santri PBM Az Zahra terdiri dari remaja, umur  4-15 tahun, dan santri dewasa, usia 15-30 tahun.

BACA JUGA  PTTEP - Dompet Dhuafa Gelorakan Semarak Kemerdekaan Bagi UMKM

LEAVE A REPLY