Menteri PPPA Bintang Puspayoga. (Foto: Publikasi dan Media Kemen PPPA)

ZNEWS.ID, JAKARTA – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan proses hukum sedang berjalan terkait kasus warga negara Indonesia (WNI) yang melanggar aturan karantina dengan meninggalkan Wisma Atlet sebelum waktu yang diwajibkan.

“Terkait dengan kasus WNI yang meninggalkan masa karantina di Wisma Atlet sebelum waktunya maka pemerintah memastikan bahwa proses hukum sedang berjalan,” kata Wiku dalam konferensi pers virtual yang dipantau dari Jakarta pada Kamis.

Wiku menegaskan bahwa Satuan Tugas Penanganan COVID-19 menjunjung tinggi penerapan aturan yang berlaku dan terus menegakkan kedisiplinan untuk melindungi keselamatan masyarakat.

Koordinator Tim Pakar Satgas Penanganan COVID-19 itu juga meminta kepada para pelaku perjalanan internasional untuk menaati peraturan yang telah ditetapkan untuk mencegah penularan di masyarakat.

“Jangan melanggar karena akan dikenakan sanksi yang tegas,” ujar Wiku.

Dia memastikan pemerintah saat ini tengah menyusun strategi lintas kementerian dan lembaga untuk mengantisipasi lonjakan kasus jelang libur di akhir tahun ini.

Strategi itu akan menjadi dasar kebijakan yang efektif dan inklusif dengan menekankan pelonggaran aktivitas yang disertai pengendalian ketat di lapangan.

BACA JUGA  Menteri Bintang: Pembelajaran Tatap Muka harus Terapkan 5 SIAP

LEAVE A REPLY