Gunung Api Ili Lewotolok. ANTARA FOTO/Aken Udjan/KH.

ZNEWS.ID, KUPANG – Pos Pemantau Gunung Api Ili Lewotolok di Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur melaporkan pada pukul 17.11 WITA, gunung api tersebut kembali mengalami erupsi dan kawahnya mengeluarkan asap putih dengan tinggi kolom abu kurang lebih mencapai 800 meter di atas puncak.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Ili Lewotolok, Stanislaus Ara Kian dalam laporannya kepada ANTARA di Kupang, Kamis (14/10) mengatakan ketinggian material erupsi gunung pada Kamis sore cukup tinggi.

“Untuk erupsi materialnya sore ini cukup tinggi. Beberapa waktu lalu sempat mencapai 700 meter dan sore ini mencapai sekitar 800 meter,” katanya.

Stanis menjelaskan jika diukur dari permukaan laut, tinggi kolom abunya mencapai kurang lebih 2.223 meter

Ia menambahkan kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Erupsi juga terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 13 mm dan durasi kurang lebih 32 detik.

“Saat ini gunung dalam keadaan status level III atau siaga,” katanya.

Pihaknya merekomendasikan agar masyarakat di sekitar Gunung Ili Lewotolok maupun pengunjung, pendaki, wisatawan tidak melakukan aktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak/kawah gunung itu.

BACA JUGA  Sinabung Masih Berstatus Siaga, Masyarakat Diminta Tetap Waspada

LEAVE A REPLY