Ranita UIN Jakarta berkunjung ke markas besar DMC Dompet Dhuafa, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (12/10/2021). (Foto: DMC DD)

ZNEWS.ID TANGSEL – Kelompok Mahasiswa Pencinta Lingkungan Hidup dan Kemanusiaan-Kembara lnsani lbnu Battuttah (KMPLHK-Ranita) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta berkunjung ke markas besar DMC Dompet Dhuafa, yang berada di Ciputat Timur, Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, Selasa (12/10/2021).

Mereka bertemu dengan Tim Pengurangan Risiko Bencana (PRB) DMC Dompet Dhuafa untuk penguatan program kesiapsiagaan bencana.

“Kita terbuka dengan kolaborasi dari pihak mana pun. Semakin banyak mitra yang berkolaborasi maka semakin banyak pula program yang diciptakan, dan semakin banyak pula manfaat yang bisa diperoleh oleh penerima manfaat,” jelas Haryo Mojopahit, Kepala DMC Dompet Dhuafa melalui pesan singkat.

RANITA UIN Jakarta berkunjung ke markas besar DMC Dompet Dhuafa, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (12/10/2021). (Foto: DMC DD)

Melalui divisi PRB, DMC Dompet Dhuafa memiliki program pendampingan yang fokus pada mitigasi bencana yang dinamakan Kawasan Tanggap Bencana (KTB). Adapun sasaran program ini ialah wilayah yang termasuk dalam rawan bencana.

Pendampingan yang diberikan berupa pelatihan dan simulasi kebencanaan hingga pembuatan peta serta jalur evakuasi ketika bencana terjadi.

Sedangkan, KMPLHK-Ranita atau yang biasa disebut Ranita UIN Jakarta memiliki program Kampung Siaga Bencana (KSB). Tidak berbeda jauh dengan program yang diimplementasi dalam KTB DMC Dompet Dhuafa.

Namun, perbedannya dengan menitikberatkan fokus pada wilayah mikro atau unit terkecil geografis yakni Kampung. Ranita UIN Jakarta menghadirkan berbagai program mitigasi kebencanaan.

BACA JUGA  Dompet Dhuafa Terima Donasi 69.000 Hygiene Kit dari Unilever

LEAVE A REPLY