Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi di Gedung Majelis Ulama Indonesia Pusat (ANTARA/Anom Prihantoro).

ZNEWS.ID, JAKARTA – Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi mengatakan akses umrah dibuka oleh Kerajaan Arab Saudi, karena penanganan COVID-19 di Indonesia menjadi semakin baik.

Pertama, kata dia, melalui pembahasan yang cukup lama dan intens melalui lobi, baik pada level menteri luar negeri, menteri agama, dan juga menteri kesehatan.

“Dan kedua, karena perkembangan penanganan COVID-19 di Indonesia yang semakin baik,” ujar Zainut Tauhid di Jakarta, Selasa.

Kerajaan Arab Saudi memberikan lampu hijau untuk kedatangan jamaah umrah asal Indonesia, lantaran kasus di Indonesia terus menunjukkan tren penurunan.

Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan COVID-19, tambahan kasus COVID-19 mulai turun dalam kurun Agustus-Oktober 2021. Bahkan, beberapa hari lalu terdapat 15 provinsi yang nihil kasus kematian.

Zainut mengatakan untuk waktu pemberangkatan pertama, kata dia, menunggu pelaksanaan teknisnya selesai.

Dia menjelaskan Kementerian Agama akan terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Kesehatan serta dengan otoritas terkait di Kerajaan Saudi Arabia mengenai pelaksanaan kebijakan pemerintah yang baru ini.

BACA JUGA  Indonesia Berharap Termasuk Negara yang Warganya Diizinkan Ibadah Umrah oleh Arab Saudi

LEAVE A REPLY