Ilustrasi sedekah. (Foto: Ist)

ZNEWS.ID JAKARTA -Tahukah kamu arti kata sedekah? Ada yang mengatakan sedekah adalah kunci rezeki. Orang-orang yang berpendapat seperti ini biasanya percaya bahwa bersedekah orang yang belum kaya pun akan tercukupi rezekinya.

Namun, ada lagi pendapat kedua yang mengatakan bahwa sedekah hanya berlaku bagi orang kaya yang memiliki gelimangan harta. Benarkah demikian?

Untuk orang kategori yang kedua bisa jadi sifat kikirnya lebih dominan daripada sifat pengasihnya. Sayangnya, masih banyak orang atau bahkan kita sendiri secara tidak sadar sering memilih untuk mengikuti kategori yang kedua.

Biasanya pilihan ini didasari atas kekhawatiran jika terjadi kekurangan dari lingkungan keluarga maupun diri sendiri. Sehingga, kita perlu untuk membuang kekhawatiran seperti itu dan menumbuhkan motivasi dengan mengetahui rahasia sedekah.

Makna Sedekah secara Bahasa

Sebelum dijelaskan beberapa rahasia sedekah, perlu terlebih dahulu mengetahui sendi-sendi lingkup sedekah. Secara bahasa sedekah berasal dari kata shadaqa yang berarti benar.

Sedekah dapat diartikan sebagi suatu pemberian yang diberikan oleh seseorang untuk kebaikan yang mengharap ridha Allah SWT. Sehingga, sedekah merupakan amalan yang dianjurkan sebagai bukti kebenaran ibadah kepada-Nya, seperti yang tertera dalam firman Allah,

وَأَنْفِقُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ وَأَحْسِنُوا ۛ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

Artinya: “Belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (QS Al- Baqarah: 195)

BACA JUGA  Rahasia Sedekah: Obat untuk Orang Sakit

LEAVE A REPLY