LKC Dompet Dhuafa Jawa Tengah bekerja sama dengan Pamsimas Desa Suro menggelar FGD pembentukan KSM pengelolaan air bersih di Desa Suro, Kecamatan Kalibogor, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (6/10/2021). (Foto: LKC DD Jateng)

ZNEWS.ID BANYUMAS – Ketersediaan air bersih menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. Selain untuk keperluan sehari-hari, ketersediaan air bersih juga untuk menciptakan sanitasi yang baik.

Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Jawa Tengah (DD Jateng) bekerja sama dengan Pamsimas (Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat ) Desa Suro menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) pembentukan KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) pengelolaan air bersih di Desa Suro, Kecamatan Kalibogor, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (6/10/2021).

“FGD kali ini membahas tentang pembentukan kawasan swadaya masyarakat untuk pengelolaan air bersih yang dimanfaatkan dari sumur bor, yang dibangun oleh Dompet Dhuafa pada Maret lalu,” ungkap Dewi Astuti, Penanggung Jawab Program Kawasan Sehat LKC Dompet Dhuafa Jateng.

Warga selama ini mengambil air menggunakan ember, . (Foto: Dompet Dhuafa)

Dengan pembentukan KSM ini, diharapkan warga yang selama ini mengambil air menggunakan ember, mulai dapat dialiri air bersih sampai ke rumah menggunakan jaringan pipa induk.

Dewi menjelaskan bahwa KSM ini akan mengelola 29 KK (Kepala Keluarga) dengan sistem iuran. Uang iuran tersebut akan dibelikan jaringan pipa induk yang dapat mengalirkan air bersih ke rumah warga.

LKC Dompet Dhuafa Jawa Tengah bekerja sama dengan Pamsimas Desa Suro menggelar FGD pembentukan KSM pengelolaan air bersih di Desa Suro, Kecamatan Kalibogor, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (6/10/2021). (Foto: LKC DD Jateng)

“Rencananya, KSM pengelolaan air bersih di Kawasan Sehat Desa Suro akan mengelola 29 KK dengan sistem iuran permeter kubik sebesar Rp 2.000 dan beban tetap per bulan sebesar Rp 3.000. Setelah uang terkumpul akan dibelikan jaringan pipa induk yang dialiri air bersih ke beberapa rumah warga,” ujarnya.

Menurut Dewi, pembentukan KSM pengelolaan air bersih ini merupakan ikhtiar dalam mewujudkan capaian sanitasi yang baik Kawasan Sehat Desa Suro. Setelah diadakannya FGD, para warga juga di screening kesehatan terkait PTM (Penyakit Tidak Menular). (LKC DD)

Editor: Agus Wahyudi

BACA JUGA  LKC DD Papua Ajari Warga Cara Menanaman Sayur dengan Metode Hugelkultur

LEAVE A REPLY