Ilustrasi serba-serbi pepaya. (Foto: iStock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Pepaya adalah salah satu buah yang seluruh bagiannya memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Baik dimakan mentah atau matang. Daun, biji, hingga daging pepaya dikemas dengan nutrisi penting yang bertanggung jawab atas sifat terapeutik dan penyembuhannya.

Mengutip Boldsky, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients, pepaya mengandung nutrisi seperti vitamin A, magnesium, vitamin C, vitamin E, kalium, vitamin B, asam pantotenat, folat, serat makanan, asam lemak oleat, asam linoleat, asam stearat, flavonoid, saponin, antosianin, glukosinolat, tokoferol (alfa dan gamma), beta-karoten dan benzil isothiocyanate.

Nutrisi tersebut bertanggung jawab untuk antioksidan, anti-diabetes, hipolipidemik, anti-kanker, anti-inflamasi, anti-mikroba, anti-cacing dan efek penyembuhan luka.

Pepaya dapat membantu mengobati dan mengelola berbagai penyakit kronis, termasuk gangguan inflamasi dan infeksi. Berikut ini adalah beberapa alasan harus mengkonsumsi pepaya.

1Manfaat Makan Pepaya

Pepaya kaya vitamin, mineral, dan senyawa fenolik. Buah ini juga rendah kalori dan mengandung enzim proteolitik penting dari papain dan chymopapain yang memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Nutrisi dalam pepaya membantu meningkatkan sistem pencernaan, mengurangi peradangan, meningkatkan pemecahan protein dalam tubuh, menjaga kesehatan mata, mencegah penyakit kardiovaskular, mengelola diabetes dan banyak lagi.

2. Pepaya Mentah Lebih Baik dari yang Matang

Pepaya mentah adalah buahĺ yang dipetik saat masih hijau. Tidak seperti pepaya matang, pepaya mentah memiliki daging putih yang renyah dan rasa serta tekstur yang berbeda.

BACA JUGA  ScanWatch, Jam Tangan Cerdas yang Mampu Cek Kesehatan Penggunannya

LEAVE A REPLY