Menko Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan. (Biro Komunikasi Kemenko Kemaritiman dan Investasi/am.)

ZNEWS.ID, JAKARTA – Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan yang juga Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi  mengatakan vaksinasi COVID-19 untuk warga lanjut usia atau lansia akan dikebut sebagai langkah antisipasi menjelang Natal dan Tahun Baru 2022.

Luhut menuturkan bahwa langkah itu dilakukan lantaran biasanya ada peningkatan kasus COVID-19 setelah acara keagamaan dan libur panjang.

“Untuk mengantisipasi Natal dan Tahun Baru, tingkat vaksinasi lansia perlu terus dikejar, terutama pada wilayah-wilayah aglomerasi dan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi,” katanya dalam konferensi pers daring di Jakarta, Senin.

Menurut dia, vaksinasi perlu dikejar agar ketika terjadi gelombang penularan COVID-19, angka kematian serta perawatan di rumah sakit bisa ditekan.

Langkah tersebut, lanjut Luhut, juga sejalan dengan arahan Presiden Jokowi dalam rapat terbatas (ratas) pada Senin (11/10) terkait strategi persiapan Natal dan Tahun Baru.

Presiden, tutur Luhut, juga kembali mengingatkan jajarannya agar tak lepas kendali di tengah melandainya kasus COVID-19. Dalam sepekan terakhir tercatat kasus konfirmasi harian nasional turun hingga 98,4 persen. Begitu pula kasus konfirmasi harian di Jawa-Bali yang turun hingga 98,9 persen dari posisi puncak pada 15 Juli 2021.

Bahkan, per Minggu (10/10) tercatat angka tambahan kasus kematian akibat COVID-19 hanya 39 orang.

BACA JUGA  Luhut Minta Semua Waspada Meski Kasus COVID-19 Melandai

LEAVE A REPLY