Para ilmuwan berpartisipasi dalam demonstrasi percobaan yang dipimpin oleh lembaga Austria dan Israel yang menyimulasikan misi ke Mars dekat Mitzpe Ramon, Israel, Minggu (10/10/2021). (Foto: ANTARA/REUTERS/Amir Cohen)

ZNEWS.ID JAKARTA – Sejumlah ilmuwan menyimulasikan perjalanan mereka ke planet Mars di Kawah Ramon yang terletak di gurun Israel selatan. Mengutip Reuters, Selasa (12/10/2021), pemandangan berbatu merah dan berbukit tersebut kurang lebih menyerupai Mars. Ilmuwan melengkapi pemandangan itu dengan sederet panel surya.

Ilmuwan tersebut berada dalam tim yang terdiri dari enam orang. Lima pria dan satu wanita. Mereka telah mulai menyimulasikan bagaimana rasanya hidup selama sekitar satu bulan di planet merah.

Habitat AMADEE-20 mereka terselip di bawah singkapan berbatu. Di dalam, mereka tidur, makan, dan melakukan eksperimen. Di luar, mereka mengenakan pakaian luar angkasa tiruan yang dilengkapi dengan kamera, mikrofon, dan sistem pernapasan mandiri.

“Kami memiliki motto fail fast, fail cheap, dan memiliki kurva belajar yang curam. Karena untuk setiap kesalahan yang kami buat di bumi ini, kami berharap kami tidak mengulanginya di Mars,” kata Gernot Gromer, direktur Forum Antariksa Austria.

Asosiasi Austria menjalankan proyek tersebut bersama dengan Badan Antariksa Israel dan grup lokal D-MARS. Sejumlah wahana Mars baru-baru ini telah memikat penggemar astronomi di seluruh dunia dengan robot penjelajah seperti NASA Perseverance.

Serta, helikopter Ingenuity yang pertama kalinya digunakan untuk menawarkan pandangan sekilas ke permukaan planet. Tapi, misi berawak kemungkinan akan berjalan lebih dari satu dekade.

Dengan adanya AMADEE-20, yang seharusnya terjadi pada tahun 2020 tetapi ditunda karena Covid-19, tim berharap dapat membawa wawasan baru yang akan membantu mempersiapkan misi itu, ketika waktunya datang.

BACA JUGA  Indonesia Minta PBB Lindungi Keselamatan Rakyat Palestina

LEAVE A REPLY