Ilustrasi tips sukses melamar pekerjaan. (Foto: Shutterstock

ZNEWS.ID JAKARTA – Salah satu tips sukses melamar pekerjaan melalui platform adalah dengan mengikuti seluruh tata cara atau prosedur yang dianjurkan dalam platform tersebut.

“Kalau sudah menggunakan platform, salah satunya JobStreet, semua tata caranya diikuti. Karena banyak sekali orang cari kerja, masuk ke JobStreet tapi nggak semuanya diikutin,” ujar Sawitri Hertoto, Country Marketing Manager JobStreet Indonesia, saat diskusi daring, Senin (11/10/2021).

Sebagai contoh, Sawitri menyebutkan pengguna platform harus melakukan registrasi terlebih dahulu, kemudian memperbarui profilnya atau update profile.

“Jadi, profil ini harus di update. Sebab algoritma kita akan membaca semua skill yang ditaruh di situ dan juga ini memudahkan bagi HR untuk memfilter,” katanya.

Di sisi lain, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, menuturkan bahwa kemampuan atau skill merupakan hal utama yang penting untuk dimiliki sebelum melamar pekerjaan.

“Yang pertama adalah lengkapi dirimu dengan skills. Skill itu tidak satu. Skill itu harus kompleks, karena tugas kita dalam melakukan pekerjaan itu memang kompleks. Kemudian, lengkapi dan upgrade, update skills itu secara terus menerus karena tantangan pekerjaan itu selalu berubah,” ungkap Denni.

Selanjutnya, Denni mengatakan bahwa persiapan juga penting untuk dilakukan setelah memiliki sertifikat dan mengembangkan kemampuan diri. Hal ini perlu dilakukan agar pelamar dapat melakukan keahliannya saat melakukan test di perusahaan.

BACA JUGA  Semangat Kami Tak akan Pernah Terisolasi

LEAVE A REPLY