Vaksin Corona buatan Pfizer. (Foto: REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo)

ZNEWS.ID, JAKARTA – Indonesia mendatangkan 2.000.700 dosis vaksin Pfizer dalam bentuk jadi dan akan langsung didistribusikan ke 12 Provinsi.

“Pembelian vaksin ini untuk menjaga stok vaksin di tanah air. Saat ini vaksin yang diterima Indonesia 280.527.920 vaksin baik dalam bentuk bahan baku maupun vaksin jadi,” ujar Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Ahad.

Ia mengatakan vaksin gelombang ke-87 tersebut tiba melalui dua Bandara, yakni Soekarno-Hatta dan Juanda Jawa Timur.

Vaksin melalui Bandara Soekarno-Hatta akan didistribusikan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepulauan Riau, Dinkes Jambi, Dinkes Bengkulu, Dinkes Riau, Dinkes Sumatera Utara, Dinkes Aceh, Dinkes Nusa Tenggara Timur, Dinkes Kalimantan Selatan, Dinkes Nusa Tenggara Barat, Dinkes Gorontalo, dan Dinkes Jawa Barat.

Adapun vaksin yang melalui Bandara Juanda akan didistribusikan ke Dinkes Jawa Timur.

Pemerintah terus mengoptimalkan percepatan penyebarluasan vaksin ke seluruh daerah di Indonesia, sehingga bisa menyentuh sampai masyarakat terpencil dan terluar.

“Pemerintah terus berupaya keras dalam mengamankan stok vaksin dan mempercepat distribusinya ke seluruh Indonesia termasuk distribusi yang dikirimkan langsung ke propinsi untuk memperpendek rantai distribusi dan mempercepat akses serta pemerataan berbagai jenis/merek vaksin bagi seluruh masyarakat,” kata Nadia.

BACA JUGA  Dompet Dhuafa Bantu Pemprov Bali Percepat Vaksinasi bagi Penyandang Disabilitas

LEAVE A REPLY