Ilustrasi. (Foto: Ist)

“Dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.”

(QS Al-Baqarah: 195)

ZNEWS.ID JAKARTA – Alangkah beruntungnya kita jika menyadari bahwa batin ini senantiasa merasa haus. Bukan haus air minum, melainkan haus terhadap amal kebaikan.

Sudah tahukah efek kekurangan air minum alias dehidrasi terhadap tubuh kita? Berikut ini beberapa dampak langsung yang amat terlihat jika kita kekurangan air minum:

Yang paling awal tentu saja bisa tampak dari mulut kering dan terkadang tampak pecah-pecah laksana tanah gersang dan tandus yang retak karena diserang garangnya panas matahari.

Kedua yakni kantuk atau kelelahan. Orang yang dehidrasi air minum akan sangat mudah mengantuk dan merasa cepat lelah. Selain itu, ada juga penurunan output urin, kulit kering dan kehilangan elastisitas, sakit kepala, sembelit dan lain sebagainya dampak negatif bagi kesehatan tubuh.

Begitu pula dengan batin yang kekurangan amal kebaikan, sesungguhnya akan memperlihatkan beberapa pertanda yang perlu diwaspadai sebagaimana tubuh yang kekurangan air minum.

Ciri-Ciri Kekurangan Amal Kebaikan

1. Tidak Bersemangat Ibadah

Seseorang yang sudah lama tidak melakukan amal kebaikan akan terlihat tidak bergairah dalam beribadah, terutama yang bersifat ritual atau hablumminallah.

Salat mundur dari waktunya, tilawah Qur’an tidak sempat, pengajian pekanan selalu terlewat, bahkan di titik ekstrem bisa sama sekali mengabaikan perintah Allah tanpa merasa bersalah.

LEAVE A REPLY