Ilustrasi main game online. (Foto: Shutterstock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Ponsel pintar (smartphone) kerap menjadi media untuk bermain game. Ketika digunakan untuk menjalankan tugas berat seperti gaming, smartphone akan mengalami panas berlebih.

Saat terjadi overheat, sistem secara otomatis akan melambatkan kinerja untuk mengendalikan panas agar tidak merusak komponen sensitif di dalam smartphone. Hal inilah yang menyebabkan smartphone jadi lemot dan kurang responsif.

Jika suhu smartphone tinggi, bisa mengakibatkan berbagai masalah serius, seperti bocornya baterai, kehilangan data, dan masalah pelik lainnya. Bahkan, smartphone bisa mati total dan tidak bisa dinyalakan lagi ketika sudah melewati suhu tertentu.

Berikut kiat mencegah ponsel cept panas saat bermain game.

Tutup Aplikasi Tak Terpakai

Saat bermain, hampir 100 persen kinerja perangkat diarahkan ke aplikasi game. Aplikasi yang berjalan di latar (background) bisa menyedot sumber daya dan menyebabkan smartphone menjadi lambat.

Biasanya, aplikasi yang sering masih berjalan di background adalah browser, musik, dan media sosial. Untuk melakukannya, periksa cache dan aplikasi yang sedang berjalan.

Perhatikan aplikasi yang paling banyak memakan RAM. matikan aplikasi tidak penting selain game pilihan kamu agar masih banyak kapasitas RAM yang tersisa.

BACA JUGA  Tips Liburan Seru Bareng Keluarga di Rumah

LEAVE A REPLY