Dompet Dhuafa dan IMZ mengadakan webinar Wake-Up Wakaf bertajuk “Hijrah dan Kebangkitan Ekonomi Berbasis Wakaf”, Kamis (7/10/2021). (Foto: Tangkap layar)

ZNEWS.ID JAKARTA – Sejarah Wakaf tercatat sejak masa hijrahnya Rasulullah ke Madinah. Sejak saat itu hingga beberapa waktu lalu, wakaf identik dengan peribadahan seperti membangun masjid, madrasah, dan makam.

Namun, saat ini gerakan wakaf sudah berinovasi dengan berbagai aspek kehidupan umat manusia. Potensi wakaf tanah di Indonesia bisa mencapai Rp 2.000 triliun per tahun. Dan, wakaf uang bisa menembus angka Rp 188 triliun.

Sebelumnya, Dompet Dhuafa memiliki Gerakan Sejuta Wakif dengan semangat wakaf seharga secangkir  kopi, yaitu Rp 10.000. Aset-aset wakaf Dompet Dhuafa juga telah terkelola secara produktif untuk kebermanfaatan banyak mauquf alaih.

Kini, Dompet Dhuafa sebagai nazir wakaf menginisiasi Gerakan: “Semua Bisa Wakaf” sebagai ajakan berwakaf bagi masyarakat. Dalam gerakan ini, Dompet Dhuafa mengemasnya dalam semangat “Wake-Up Wakaf!” untuk mengajak masyarakat bergotong-royong melalui berbagai inovasi wakaf.

Dompet Dhuafa dan IMZ mengadakan webinar Wake-Up Wakaf bertajuk “Hijrah dan Kebangkitan Ekonomi Berbasis Wakaf”, Kamis (7/10/2021). (Foto: Tangkap layar)

Pada Kamis (7/10/2021), Dompet Dhuafa mengadakan webinar Wake-Up Wakaf bertajuk “Hijrah dan Kebangkitan Ekonomi Berbasis Wakaf”. Bendahara Yayasan Dompet Dhuafa Republika, Hendri Saparini PhD, menyampaikan bahwa kita harus berhijrah di dalam paradigma.

“Potensi kita bukan hanya pembiayaan-pembiayaan yang selama ini sudah kita kenal. Kita harus mengubah atau menghijrahkan pemikiran kita, karena ada kekuatan lain yang semestinya kita maksimalkan yakni kekuatan ekonomi yang lebih mandiri, lebih adil, dengan lebih mengoptimalkan kekuatan wakaf,” ujarnya.

Sementara, Guru Besar Universitas Airlangga, Prof Dr Raditya Sukmana SE MA, menjelaskan bahwa wakaf berkembang dengan sangat luar biasa. Dapat memengaruhi sektor bisnis dan sektor sosial dengan pesat.

BACA JUGA  Bupati Magetan Tinjau Langsung Mobile Rapid Test Dompet Dhuafa

LEAVE A REPLY