Ilustrasi Kesehatan Mental. (Foto: pixabay.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – Psikolog Klinis Dewasa, Nago Tejena MPsi, menuturkan bahwa kesehatan mental perlu diperhatikan dan dijaga, terutama di tengah pandemi Covid-19.

Kesehatan mental, kata dia, bisa dipelihara. Misalnya, dengan melakukan hobi, menjaga hubungan yang sehat dengan orang lain, berdamai dengan keadaan, dan masih banyak lagi.

Berikut sejumlah tips sederhana cara menjaga kesehatan mental menurut Nago:

1. Kurangi Penggunaan Media Sosial

Ilustrasi: Stres gara-gara media sosial. (Foto: Shutterstock)

Menurut Nago, terlalu sering membuka media sosial bisa membuat kita menjadi mudah cemas. Karena, informasi yang masuk berlebih dan di luar batas kemampuan kita untuk mengendalikannya.

Menurutnya, saat membuka media sosial atau internet, mencari berita itu memang perlu. Namun, jangan lupa mencari hal-hal lain yang lebih menyenangkan, menghibur atau menginspirasi agar suasana hati lebih tenang.

2. Memasak Bersama Keluarga

Ilustrasi memasak. (Foto: shutterstock)

Hobi memasak semakin digemari masyarakat di tengah pandemi. Nago mengatakan bahwa fungsi memasak bukan hanya sebagai hiburan atau pengalihan.

“Memasak bisa membantu kita untuk tetap produktif, sehingga tidak hanya pasif lantaran dipaksa pandemi,” ujarnya.

BACA JUGA  Tips Orang Tua Hadapi Anak di Masa Pandemi

LEAVE A REPLY