Iustrasi Vaksin AstraZeneca. (Foto: Ist)

ZNEWS.ID JAKARTA – Terapi antibodi untuk mencegah Covid-19 buatan AstraZeneca tengah diajukan untuk mendapatkan izin penggunaan darurat Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) AS. Terapi ini disebut sebagai alternatif untuk orang yang berisiko tinggi terinfeksi Covid-19.

Produsen obat asal Inggris itu telah memasukkan data dari uji coba tahap akhir lebih dari 5.000 peserta. Hasilnya menunjukkan obat itu efektif mengembangkan antibodi untuk melawan gejala Covid-19 sebesar 77 persen.

Menurut AstraZeneca, terapi antibodi yang disebut AZD7442 itu dapat membantu melindungi orang yang mungkin tidak memiliki respons imun yang cukup kuat terhadap vaksin Covid-19. Sementara, vaksin mengandalkan sistem kekebalan aktif untuk mengembangkan gudang antibodi yang ditargetkan dan sel penangkal infeksi.

AZD7442 mengandung antibodi buatan laboratorium yang dirancang untuk bertahan di dalam tubuh selama berbulan-bulan untuk menahan virus jika terjadi infeksi.

Bila FDA setuju memberikan otoritas penggunaan darurat terhadap obat terapi Covid-19, ini adalah kemenangan besar bagi AstraZeneca. Hingga kini, vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca belum disetujui untuk digunakan di Amerika Serikat.

(Infografis: Antara)
BACA JUGA  Seorang Pria Meninggal Usai Disuntik, Jaksa Italia Sita Vaksin AstraZeneca

LEAVE A REPLY