Ilustrasi rekomendasi pola makan sehat untuk kurangi risiko penyakit jantung. (Foto: iStock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, dr Fachmi Ahmad M SpJP, yang juga anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia, merekomendasikan pola makan sehat untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

“Kuncinya adalah menerapkan pola makan gizi seimbang,” kata Fachmi, dikutip dari Antara, Jumat (8/10/2021).

Pagi hari, kata Fahmi, santaplah sarapan antara pukul 06.00-09.00 yang terdiri dari makanan kaya protein seperti telur dan karbohidrat seperti oatmeal dan roti gandum utuh.

Beberapa jam setelah sarapan, sebelum makan siang, santaplah kudapan pukul 10 pagi yang mengandung serat dan protein tinggi, misalnya buah, biskuit gandum, dan keju.

Untuk makan siang, konsumsi makanan mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi, seimbangkan dengan protein, serat, vitamin, dan mineral lain. Lanjutkan dengan kudapan pukul 15.00 dengan komposisi serupa dengan kudapan pukul 10.00. Agar tidak bosan, jenis makanannya bisa dibedakan.

“Makan malam sebelum pukul 18.00. Pilih makanan tinggi serat dan rendah kolesterol seperti menu makan siang. Sebaiknya makan malam tiga jam sebelum tidur agar semua makanan bisa dicerna dengan baik pada malam hari,” kata Fachmi.

Menurut dia, makanan dan minuman yang berpotensi menimbulkan penyakit jantung adalah makanan dan minuman yang banyak mengandung gula, garam, lemak, dan karbohidrat olahan yang tidak baik bagi jantung.

BACA JUGA  Pasien Sembuh Covid-19 Tak Bisa Pulih Sepenuhnya, Ini Alasannya

LEAVE A REPLY