Ilustrasi masak steak ala restoran di rumah. (Foto: washingtonpost.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – Sajian steak yang lezat di restoran bukan tidak mungkin bisa ditiru sendiri di dapur rumah Anda. Chef Devina Hermawan memberikan kiat-kiat agar sukses memasak steak sendiri di rumah selama pandemi Covid-19.

Perhatikan Kualitas Daging

Daging yang berkualitas tentu memiliki rasa yang lezat ketika diolah secara benar. Maka, pahami dulu kualitas daging yang tersedia di pasar dan pilih yang sesuai selera.

“Selain daging itu sendiri, kualitas bisa dilihat dari marbling juga, untuk grade juga beda-beda. Nah, mungkin bisa dipelajari dulu di rumah kalo berekspektasi pengen dagingnya (kualitas) tinggi,” kata Devina dikutip dari Antara, Jumat (8/10/2021).

Perhatikan Proses Mencairkan Daging Beku

Steak idealnya dibuat ketika daging berada pada suhu ruang. Jika steak masih beku ketika dipanaskan, bagian luarnya akan gosong tetapi bagian dalamnya masih dingin sehingga rasanya takkan maksimal.

Sementara, bila dipaksakan daging hingga benar-benar matang, hasilnya daging akan sangat kering. Penting untuk memerhatikan proses mencairkan daging beku secara benar.

Siapkan waktu untuk mencairkan daging. Pindahkan daging dari freezer ke chiller terlebih dahulu. Jika buru-buru, jus dalam daging akan menghilang.

Jangan menyiram daging steak dengan air karena akan membuat dagingnya berwarna abu-abu. Jika terpaksa, boleh saja mencairkan dengan fitur “defrost” di mcrowave, tapi sebisa mungkin itu tidak disarankan.

BACA JUGA  Resep Chapaguri ala Chef Devina Hermawan

LEAVE A REPLY