Ilustrasi tips agar tidak terjebak fintech bodong. (Foto: Ist)

ZNEWS.ID JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membagikan enam kiat agar masyarakat tidak terjebak perusahaan financial technoloy (fintech) bodong atau gadungan, yang banyak ditemukan belakangan ini.

“Dengan cara ini, diharapkan teknologi finansial ilegal bisa dieliminasi,” kata Analis Grup Inovasi Keuangan Digital OJK, Kurniatul Khasanah, saat webinar dikutip dari Antara, Jumat (8/10/2021).

Pertama, sebelum memutuskan mendaftar ke salah satu teknologi finansial, masyarakat sebaiknya memahami manfaat yang diberikan layanan tersebut dan tujuan mendaftar ke layanan.

Setelah itu, pastikan legalitas perusahaan, salah satunya mengecek apakah perusahaan tersebut sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.

Jika legalitas perusahaan penyelenggara layanan teknologi finansial sudah jelas, masyarakat harus membaca dan memahami syarat dan ketentuan yang ditawarkan tekfin tersebut.

Calon pengguna juga sebaiknya sudah mencari tahu kinerja perusahaan itu. Selain kinerja, cek juga bagaimana reputasi perusahaan tersebut.

Bagian yang tidak kalah penting, cek apakah perusahaan teknologi finansial tersebut punya kanal pengaduan yang mudah diakses dan memberikan respons, untuk mengantisipasi jika ada masalah dengan layanan tersebut suatu hari nanti.

BACA JUGA  Momen Bahagia Anak-Anak Yatim Kampung Eonana, NTT

LEAVE A REPLY