Ilustrasi rem blong. (Foto: Shutterstock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Rem adalah salah satu komponen penting dalam kendaraan. Dengan rem, Anda bisa mengendalikan laju kendaraan. Kapan harus berhenti atau untuk mengurangi kecepatan kendaraan.

Rem mobil tiba-tiba mengalami gagal fungsi atau biasa disebut rem blong adalah salah satu masalah yang menyebabkan kecelakaan di jalan raya. Untuk itu, harus ada langkah antisipatif, yakni dengan melakukan pengecekan berkala.

Pengguna mobil harus rajin mengecek minyak rem sebelum melakukan perjalanan, kemudian cek pedal rem saat mesin mobil dimatikan. Tak lupa, gunakan sabuk pengaman demi keselamatan.

Tapi, kalau sudah dilakukan pengecekan namun tetap terjadi rem blong, semua pengendara pasti akan panik dan bingung harus melakukan langkah apa saja. Ada baiknya Anda simak cara mengantisipasi rem blong yang terjadi tiba-tiba saat berkendara berikut ini seperti dilansir suzuki.co.id, Jumat (8/10/2021).

  • Tekan Tombol Lampu Hazard dan Klakson

Jika mobil Anda mendadak mengalami rem blong, yang perlu dilakukan adalah langsung tekan klakson dan nyalakan lampu hazard. Cara ini dilakukan untuk memberi sinyal kepada kendaraan lain agar tahu bahwa rem mobil Anda sedang blong. Pastikan bahwa Anda dalam keadaan tenang.

Jangan sampai panik karena itu akan membahayakan Anda dan orang di sekitar. Lalu, injak pedalnya secara perlahan. Jika pedalnya bisa menyentuh lantai mobil mungkin minyak rem di mobil Anda berkurang. Bisa juga ada masalah di beberapa bagian seperti master silinder dan kaliper rem.

  • Jangan Langsung Mematikan Mesin

Ketika Anda tahu bahwa keadaan rem mobil sedang tidak berfungsi, maka jangan langsung mematikan mesin. Jika Anda melakukannya, hal itu akan menyulitkan mobil untuk terus melaju. Rem jadi tidak bisa kembali seperti semula. Lakukanlah beberapa langkah di atas untuk mengembalikan kondisi rem.

BACA JUGA  9 Tips Merawat Kendaraan yang Terendam Banjir

LEAVE A REPLY