Ilustrasi zakat digital. (Foto: dompetdhuafa.org)

ZNEWS.ID JAKARTA – Pandemi Covid-19 memberikan banyak perubahan terhadap tatanan kehidupan di tengah masyarakat. Berbagai sektor kehidupan dituntut untuk bisa menyesuaikan agar bisa tetap berjalan di tengah pandemi ini. Salah satunya melalui digitalisasi.

Meski dihantam pandemi, masyarakat Indonesia tetap aktif menunjukkan kemurahan hatinya melalui donasi. Dompet Dhuafa bekerja sama dengan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam memberikan kemudahan layanan pembayaran Zakat, Infak, Wakaf (ZISWAF) kepada donatur melalui BCA mobile di fitur Lifestyle pada Selasa (31/08/2021).

Nasabah cukup mengakses aplikasi BCA mobile dan memilih fitur Lifestyle. Kemudian, nasabah memilih menu Zakat untuk bisa melakukan pembayaran zakat.

Tampilan di aplikasi Mobile BCA sebagai dorongan gaya hidup dalam merangkul milenial untuk berdonasi maupun berzakat melalui Dompet Dhuafa. (Foto: Dompet Dhuafa)

“Dengan kemudahan dan keamanan yang dihadirkan, zakat digital juga akan medorong lebih banyak masyarakat membayar zakat, infak, dan wakaf. Capaian tersebut dapat meningkatkan keyakinan bahwa dana ZISWAF yang terkelola secara amanah dan profesional bisa dimanfaatkan sebagai modal pemberdayaan mustahik yang produktif serta berkesinambungan,” terang Etika Setiawanti, Direktur Resources Mobilization Dompet Dhuafa.

Digitalisasi zakat merupakan salah satu program yang didorong pemerintah melihat tren donasi digital terus berkembang beberapa tahun terakhir. Adanya Pandemi, membuat marketplace dan e-commerce yang menawarkan program Donasi Digital bertumbuh hingga 40%.

Dalam pengelolaan ZISWAF, Dompet Dhuafa terus mengacu pada ketentuan syariah dan menyampaikan amanah masyarakat secara profesional. Profesional dalam penyaluran dana ZISWAF, tepat sasaran, dan transparan dalam menyajikan laporan pemanfaatan dana untuk program pemberdayaan kepada publik.

Gerakan tersebut mulai dari pemberdayaan para penerima manfaat hingga penyaluran berbagai bantuan ke masyarakat yang jarang mendapat uluran tangan. *

Editor: Agus Wahyudi

BACA JUGA  Apache Bikers Community Donasikan Ambulans kepada Dompet Dhuafa

LEAVE A REPLY