Dompet Dhuafa mengadakan rangkaian acara ‘Care Visit Explore Desa Tani’ yang berada di Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (24/9/2021). (Foto: Dompet Dhuafa)

ZNEWS.ID BANDUNG BARAT – Bertepatan dengan peringatan Hari Tani Nasional yang digelar setiap 24 September, Dompet Dhuafa mengadakan rangkaian acara ‘Care Visit Explore Desa Tani’ yang berada di Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Peringatan Hari Tani Nasional tidak timbul tanpa adanya sejarah di baliknya. Peringatan ini dicetuskan karena sejarah perjuangan panjang yang telah dilakukan oleh kaum petani di Indonesia dalam menghidupi jutaan manusia.

Bersamaan dengan upaya menguatkan kesejahteraan bagi para petani, Dompet Dhuafa juga mendorong pembentukan lingkungan-lingkungan agraria yang berdaulat pangan. Pasalnya, kekuatan petani dapat menjadi faktor utama dalam membangun kehidupan masyarakat secara kolektif.

Dompet Dhuafa mengadakan rangkaian acara ‘Care Visit Explore Desa Tani’ yang berada di Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (24/9/2021). (Foto: Dompet Dhuafa)

Desa Tani merupakan salah satu program Dompet Dhuafa untuk mengentaskan kemiskinan melalui pengembangan pertanian sayur. Petani-petani dari kelompok masyarakat kurang mampu dihimpun untuk berdaya dengan mengelola lahan pertanian dengan skema pendampingan.

Melihat usaha pertanian yang terus berkembang, program Desa Tani menjadi salah satu konsep yang dapat ditiru dan diduplikasi oleh masyarakat lain dalam menghidupkan ekonomi kalangan petani.

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jabar, Andriansyah, menyampaikan bahwa kunjungan-kunjungan dari lembaga atau instansi lain sudah banyak. Namun, kali ini kesempatan yang luar biasa karena kami dikunjungi oleh para donatur dan para penyalur info kebaikan.

Program desa tani ini, kata, Andriansyah, merupakan program yang dampaknya secara sosial dan secara ekonomi finansial dirasakan oleh para penerima manfaat.

BACA JUGA  Kemeriahan Festival Ramadan Al Madinah 1442 H

LEAVE A REPLY