Ilustrasi tanda paru-paru bermasalah yang harus diwaspadai. (Foto: healthworkscollective.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – Paru-paru adalah salah satu organ penting dalam tubuh. Tugas paru-paru berhubungan dengan sistem pernapasan dan sirkulasi peredaran darah.

Kalau paru-paru bermasalah, sistem pernapasan ikut bermasalah. Karena itu, kita harus menjaga kesehatan paru-paru dan mewaspadai tanda-tanda yang muncul. Dengan begitu, akan membantu mempercepat pengobatan sebelum penyakit semakin parah.

Untuk menghindari masalah paru-paru lebih serius, Ahli Nutrisi dari India, Lovneet Batra, membagikan lima peringatan penting yang diberikan tubuh bahwa paru-paru anda bermasalah, seperti dikutip dari Indian Express.

1. Nyeri Dada

Nyeri dada yang melebihi durasi satu bulan, menjadi tanda pertama yang harus diwaspadai terkait kondisi paru- paru dalam bahaya atau tidak. Jika nyeri dada yang semakin terasa sakit ketika bernapas atau ketika batuk, maka itu menjadi peringatan penting bahwa ada sesuatu yang salah pada kondisi paru- paru anda.

2. Dahak Kronis

Dahak merupakan produksi dari saluran pernapasan sebagai tanda dari tubuh terjadinya infeksi dan iritasi. Jika Anda mengalami dahak yang berlebihan misalnya seperti dalam kurun waktu sebulan, kondisi itu bisa menjadi indikasi ada yang tidak beres dengan paru-paru Anda.

3. Berat Badan Turun Drastis

Berat badan Anda turun mendadak padahal tidak melakukan diet maupun olahraga? Hati- hati, itu merupakan sinyal penting lainnya yang dikirim oleh tubuh, menunjukan ada bagian dari tubuh Anda yang digerogoti oleh tumor.

Sebenarnya, penurunan berat badan drastis ini tidak hanya menjadi tanda khusus untuk paru-paru bermasalah. Tapi juga menjadi sinyal dari tubuh bahwa ada organ vital yang diserang oleh tumor.

BACA JUGA  Segera Periksa Gula Darah jika Mengalami Gejala Khas Diabetes Ini

LEAVE A REPLY