Ilustrasi cara membangun loyalitas pelanggan dalam berbisnis, (Foto: Kemenparekraf)

ZNEWS.ID JAKARTA – para pelaku bisnis harus bisa menumbuhkan loyalitas pelanggan agar bisnis dapat bertahan lama. Chief Marketing Officer PT Harapan Bangsa dan Co-Founder Sang Pisang dan Ternakopi, Ansari Kadir, mengatakan bahwa loyalitas pelanggan bisa didapatkan lewat kualitas produk dan after sales service (pelayanan dari penjual ke konsumen setelah kegiatan jual-beli berakhir) yang baik.

“Pelanggan adalah raja itu benar sekali. Kalau takut kehilangan pelanggan, ya, after sales service-nya harus dijaga dengan baik,” kata Ari dalam acara virtual, dilansir dari Antara, Jumat (17/9/2021).

Pria yang akrab disapa Ari itu menambahkan bahwa jika pelanggan mendapatkan pelayanan yang baik dari brand, maka dia akan menjadi pelanggan yang loyal dan tidak akan pindah ke brand lain.

“Misalnya, setiap datang diucapin selamat pagi atau dikasih gratis kalo beli produk tertentu. Intinya, ada yang berbeda saat dia belanja di tempat kita,” ujar Ari.

Hal-hal lain yang dapat membuat pelanggan menjadi loyal, kata Ari, adalah mendengar keluhan mereka. Jika produk yang mereka terima bermasalah, maka penjual harus mengganti dengan produk baru.

Selain itu, lanjutnya, memberikan keringanan jika ada pelanggan yang uangnya kurang saat akan membeli sebuah produk juga bisa menjadi strategi.

“Kalau kurang seribu ya kasih aja. Nanti kan dia akan kasih tahu orang lain bahwa warung atau toko kita baik. Tapi tetap harus dipikirkan juga jangan sampai utang terus,” tutur Ari.

BACA JUGA  Peran Teknologi dalam Bisnis di Waktu Krisis

LEAVE A REPLY