Ilustrasi investasi (Foto: zakat.or.id)

ZNEWS.ID JAKARTA – Selain menabung, salah satu cara mengamankan keuangan untuk jangka panjang adalah dengan berinvestasi. Investasi merupakan penanaman modal pada suatu badan atau lembaga, barang-barang berharga, atau perusahaan, supaya kita mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang.

Bentuk investasi di perusahaan bermacam-macam, bisa berupa reksadana, obligasi, saham, emas, atau barang bermerk, demi mendapatkan keuntungan atau penambahan nilai di kemudian hari.

Dengan berinvestasi, hasil yang didapatkan biasanya lebih besar daripada menabung karena dapat membantu investor menyesuaikan diri dengan inflasi yang terjadi setiap tahunnya.

Meski pada dasarnya mirip seperti menabung, saat berinvestasi kita tidak boleh pasif. Karena, ada beberapa hal yang juga harus kita awasi terus.

Kalau kamu tidak memahami prinsipnya, akan susah untuk balik modal saat berinvestasi. Oleh karenanya, yuk, simak kiat berinvestasi bagi pemula yang dirangkum oleh Tim Analis Bank Oversea-Chinese Banking Corporation (OCBC) NISP, dikutip dari Antara, Rabu (15/9/2021).

1. Komitmen

Investasi itu beda tipis dengan membangun hubungan. Tidak bisa buru-buru langsung pacaran atau ke jenjang pernikahan. Ada proses dan langkah-langkah yang harus dilalui terlebih dahulu untuk bisa merasakan manisnya hubungan.

Begitu pula dengan investasi, untuk bisa merasakan hasil yang sepadan, kita harus bersabar dan komitmen harus dikuatkan. Apa saja bentuk komitmennya? Komitmen untuk menyisihkan uang secara rutin, komitmen waktu, hingga komitmen menghadapi risiko.

BACA JUGA  Hukum Konsistensi

LEAVE A REPLY