Ilustrasi keutamaan istikamah dalam ketaatan kepada Allah SWT. (Foto: unsplash/DavidMonje)

ZNEWS.ID YUEN LONG –  General Manager Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK), Ustaz M Imam Baihaqi, menyampaikan tausiyah agama bertema “istikamah” pada Peresmian pengurus baru Majelis Ukhuwah Islamiyah (MUI) Yuen Long, Minggu (12/9/2021) di Yuen Long, Hong Kong.

Kepengurusan periode 2021-2022 ini tetap dipimpin oleh Muawanah, yang pada periode sebelumnya juga menjabat sebagai Ketua MUI Yuen Long. Ustaz Imam memandu Pelantikan dan pembacaan ikrar yang diikuti dan disaksikan 30 pengurus dan jemaah MUI Yuen Long.

Dalam tausyiahnya, Imam menyampaikan bahwa istikamah adalah usaha untuk tetap tegak dan lurus di jalan Allah SWT. Seseorang yang istikamah, kata dia, tidak akan goyah sedikitpun.

General Manager DDHK, Ustaz M. Imam Baihaqi, menyampaikan tausiyah agama di acara pelantikan pengurus baru Majelis Ukhuwah Islamiyah Yuen Long. (Foto: ddhk.org)

Imam juga menjelaskan bahwa Imam An-Nawani memaknai istikamah sebagai “tetap di dalam ketaatan”. Sehingga, istikamah memiliki pengertian bahwa seseorang senantiasa ada di dalam ketaatan dan di atas jalan lurus dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT.

Beberapa dalil yang memerintahkan sikap istikamah di antaranya, firman Allah SWT di dalam surah At-Takwir ayat 27-28, “Al-Quran itu tiada lain hanyalah peringatan bagi semesta alam, (yaitu) bagi siapa di antara kamu yang mau menempuh jalan yang lurus (istikamah).”

Dalil lain, sebagaimana dimuat di dalam surah Gud ayat 112, “Maka istikamahlah sebagaimana engkau (Muhammad) diperintahkan beserta orang yang bertaubat bersamamu, dan janganlah melampaui batas. Sesungguhnya Allah Maha Melihat terhadap apa yang kalian perbuat.”

Imam juga menyampaikan hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan dari Sufyan bin Abdullâh ats-Tsaqafi yang berkata: Aku berkata, “Wahai Rasulullah, katakan kepadaku di dalam Islam satu perkataan yang aku tidak akan bertanya kepada seorangpun setelah Anda!” Beliau menjawab: “Katakanlah, ‘aku beriman’, lalu istikamahlah”.

BACA JUGA  Teladan Pemimpin Itu Bernama Ibrahim

LEAVE A REPLY