Kawan Sekolah Literasi Indonesia (SLI) melaksanakan Kelas Berbagi kepada Kelompok Belajar Kampung Cilame di saung kelompok belajar Kampung Cilame Desa Cigoong Utara, Kecamatan Cikulur, Kabupaten Lebak, Banten, Minggu (12/9/2021). (Foto: makmalpendidikan.net)

ZNEWS.ID LEBAK – Kawan Sekolah Literasi Indonesia (SLI) melaksanakan Kelas Berbagi kepada Kelompok Belajar Kampung Cilame dalam memperingati Hari Aksara Internasional. Kegiatan yang berlangsung Minggu (12/9/2021), di saung kelompok belajar Kampung Cilame Desa Cigoong Utara, Kecamatan Cikulur, Kabupaten Lebak, Banten, itu diikuti 40 anak dari jenjang TK, SD, dan SMP.

Kelas Berbagi dilaksanakan Kawan SLI sebagai media penguatan literasi di masyarakat. Kelas Berbagi merupakan kolaborasi Kawan SLI dan pegiat literasi Kampung Cilame.

Magic Sains Belalai Gajah dan Bunga Mekar menjadi materi pada kegiatan Kelas Berbagi ini.

“Saya tidak suka IPA karena IPA itu bikin pusing,” ujar Reyhan, siswa kelas 5 SDIT Al Husna.

Oleh karena itu, aktivitas Magic Sains dikemas menyenangkan dan diharapkan dapat menumbuhkan minat belajar anak, khususnya pembelajaran sains.

Membuka Kelas Berbagi, Kang Aip, salah satu Inisiator Kelompok Belajar Kampung Cilame,pp mengajak anak-anak bernyanyi dan bermain agar mereka semangat sebelum belajar. Kang Aip membagi dua kelompok bermain Belalai Gajah dan dua kelompok bermain Bunga Mekar.

Belalai Gajah merupakan eksperimen untuk mengajarkan gaya tarik pada molekul larutan sedangkan Bunga Mekar merupakan eksperimen sains untuk mengajarkan sifat kapilaritas pada tanaman.

BACA JUGA  Sekolah Dampingan DD Yogyakarta Manfaatkan Media sebagai Sarana Dakwah dan Budaya

LEAVE A REPLY