Tenaga kesehatan melakukan perawatan terhadap pasien Covid-19. (Antara)

ZNEWS.ID, JAKARTA – Ketua Tim Pakar Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menyampaikan bahwa kasus COVID-19 di Indonesia terus mengalami perbaikan dibandingkan dengan dunia dan beberapa negara lainnya.

“Indonesia baru saja melewati ‘second wave’ (gelombang kedua) pada Juli lalu, namun jika dilihat pada perkembangan tingkat dunia maka kasus dunia saat ini mengalami ‘third wave’,” ujar Wiku dalam konferensi pers yang dipantau via daring di Jakarta, Selasa.

Ia mengemukakan, tiga lonjakan di dunia itu masing-masing terjadi pada bulan Januari 2021, April 2021, dan Agustus-September 2021.

Sementara di beberapa negara lainnya seperti Amerika Serikat, Malaysia, dan Jepang, lanjut dia, pola kenaikan kasusnya mirip dengan pola kenaikan kasus dunia.

“Saat ini Amerika Serikat dan Jepang sudah mulai menunjukkan penurunan, namun Malaysia masih berada di puncak kasus ketiga,” katanya.

Wiku menambahkan, perkembangan kasus yang paling berbeda dengan negara-negara lainnya adalah perkembangan di India.

India, disampaikan Wiku, mengalami lonjakan kasus pertama pada September 2020, di mana negara-negara lain belum mencapai puncak kasus pertama. Namun, ketika negara lain mulai mengalami lonjakan kasus di bulan Januari 2021, India mengalami penurunan kasus.

BACA JUGA  Sebagai Hamba, Kita Mau ke Mana?

LEAVE A REPLY