Ilustrasi cara mencegah banjir jelang musim hujan. (Foto: DMC Dompet Dhuafa)

ZNEWS.ID JAKARTA – Indonesia menjadi negara langganan banjir pada saat musim hujan tiba. Banyak kerugian yang dirasakan, dari mulai kerusakan sarana prasarana, terhambatnya jalur transportasi, pencemaran lingkungan, dan lainnya.

Banjir bisa terjadi karena faktor alam dan kelalaian manusia. Faktor yang pertama akan sulit kita cegah. Namun, faktor yang kedua dapat dihindari selama kita berupaya untuk melakukan hal-hal yang mencegah terjadinya banjir.

Dalam upaya pencegahan banjir, diperlukan kerja sama dari berbagai pihak. Lalu, apa saja upaya pencegahan banjir yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari? Berikut ini enam cara mudah mengatasi bencana banjir:

1. Membuang Sampah pada Tempatnya

Hal pertama yang bisa kita lakukan dalam upaya pencegahan banjir adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. Membuag sampah sembarangan di berbagai lokasi, mulai dari selokan, sungai, hingga laut, selalu berisiko menimbulkan banjir.

Meski Anda merasa yang dibuang hanyalah sampah kecil, jika sampah kecil itu menumpuk dari ratusan atau bahkan ribuan orang, tetap saja, hal tersebut bisa menyumbat saluran dan proses penyerapan air hujan.

2. Tidak Menebang Pohon secara Liar

Jika di lingkungan sekitar rumah masih terdapat kebun atau hutan yang rindang, pastikan untuk tidak melakukan penebangan secara liar. Pohon sangat dibutuhkan untuk proses penyerapan air hujan. Semakin banyak pohon yang ditebang, risiko terjadinya banjir bertambah tinggi.

3. Tidak Melakukan Alih Fungsi Lahan

Adanya alih fungsi lahan secara masif yang menjadikan hutan, rawa, atau sawah menjadi lahan permukiman dapat menjadi faktor terjadinya banjir. Karena alih fungsi lahan seperti itu akan menurunkan tingkat resapan air dan vegetasi.

BACA JUGA  BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

LEAVE A REPLY