Ilustrasi cara jitu mencegah gigi ngilu. (Foto: Shutterstock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Dokter spesialis konservasi gigi konsultan restorasi di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), drg Iffi Aprillia SpKG(K), memberikan beberapa tips agar terhindar dari gigi ngilu, salah satunya memilih sikat gigi dengan bulu sikat yang halus.

Selain itu, cobalah melakukan perawatan khusus gigi sensitif, rutin mengganti jika sikat gigi rusak, ganti pasta gigi dengan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif, serta menghindari makanan yang keras sehingga mencegah gigi retak.

“Jangan lupa juga untuk menyikat gigi dua kali sehari, 30 menit setelah sarapan dan sebelum tidur,” kata dia, dikutip dari Antara, Senin (13/9/2021).

Iffi menjelaskan bahwa orang dengan struktur gigi yang rapat dapat menggunakan benang gigi untuk dapat membersihkan sela-sela gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.

Dia tak menyarankan penggunaan tusuk gigi karena bisa mendorong sisa makanan ke bagian saku gusi, yang akhirnya dapat mengakibatkan munculnya penyakit gusi.

Di sisi lain, sebaiknya konsumsi makanan bergizi seimbang, buah dan sayur mengandung serat yang ketika dikunyah dapat berfungsi sebagai sikat gigi alami. Sehingga, sistem cleansing di rongga mulut berfungsi.

“Boleh saja mengonsumsi makanan manis namun jangan sampai berlebihan. Tidak lupa juga, setiap kita baru sembuh dari sakit, misalnya flu, sebaiknya sikat gigi diganti karena dikhawatirkan banyak bakteri atau virus yang terdapat dalam sikat gigi tersebut,” kata Iffi.

BACA JUGA  Tetap Periksa Gigi meski Pandemi, Ini Bahaya Komplikasi Pasien dengan Penyakit Gusi

LEAVE A REPLY