Ilustrasi salat tahajud. (Foto: ibtimes.co.uk)

ZNEWS.ID JAKARTA – Salat tahajud atau sholatullail (salat malam) atau qiyamullail (berdiri di malam hari) merupakan beberapa istilah untuk salat sunah yang dilakukan di malam hari.

Ia merupakan amalan sunah yang sangat dianjurkan bagi setiap muslim karena termasuk sebagai bentuk taqorrub (mendekatkan diri) yang paling utama kepada Allah SWT.

Hal tersebut karena ibadah salat malam di dalam mengerjakannya harus ada kesungguhan dan usaha yang lebih dibanding ibadah salat sunah lainnya.

Allah SWT berfirman:

وَمِنَ ٱلَّیۡلِ فَتَهَجَّدۡ بِهِۦ نَافِلَةࣰ لَّكَ عَسَىٰۤ أَن یَبۡعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامࣰا مَّحۡمُودࣰا {سورة الإسراء: ٧٩}

“Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (QS Al-Isra’: 79)

Rasulullah SAW bersabda:

الصِّيَامِ بَعْدَ شَهْرِ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ (رواه مسلم)

“Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadan adalah puasa pada bulan Allah Muharam. Sebaik-baik salat setelah salat wajib adalah salat malam.” (Hadis riwayat Muslim)

BACA JUGA  Agar Keinginan Terkabul, Baca Doa Ini Setelah Salat Tahajud dan Duha

LEAVE A REPLY