Kacang hitam. (Foto: besthealthmag.ca)

ZNEWS.ID JAKARTA – Selama bertahun-tahun, kacang hitam menjadi bahan makanan yang kaya akan nutrisi penting untuk mencegah berbagai macam penyakit. Itulah sebabnya mengapa makanan ini baiknya dimasukkan ke dalam menu harian.

Kacang hitam termasuk dalam kategori kacang-kacangan seperti buncis dan lentil. Menurut The United States Department of Agriculture (USDA), 100 g kacang hitam mentah mengandung 341 kkal energi dan 11 g air.

Selain itu, kacang hitam juga mengandung protein, serat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, selenium, folat, kolin dan vitamin A.

Dikutip dari Boldsky, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kacang hitam baik untuk dikonsumsi.

Kaya Antioksidan

Kacang hitam mengandung sejumlah besar senyawa fenolik dan pitosterol yang bertanggung jawab atas efek antioksidan yang kuat. Senyawa ini mengurangi efek berbahaya dari radikal bebas dalam tubuh dan mencegah penyakit seperti diabetes, kanker dan banyak penyakit inflamasi.

Beberapa antioksidan dalam kacang-kacangan adalah saponin, kaempferol, anthocyanin dan quercetin.

Memiliki Sifat Detoksifikasi

Studi mengatakan bahwa kacang hitam memiliki kandungan molibdenum yang tinggi. Ini merupakan elemen penting yang merupakan kofaktor untuk beberapa enzim.

BACA JUGA  Kaya Protein, Cacing Poliket Bisa Jadi Sumber Pangan Alternatif

LEAVE A REPLY