Wapres Ma’ruf Amin  (Foto: BPMI-Setpres)

ZNEWS.ID, JAKARTA – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan pengetatan pintu masuk perjalanan ke Indonesia menjadi solusi awal untuk mencegah varian baru SARS-CoV-2 bernama Mu atau B1621 dan berkembang di dalam negeri.

“Kalau memang nanti membawa varian baru itu, sudah bisa dicegah dari awal,” kata Wapres Ma’ruf saat meninjau pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas sekolah di Bogor, Jawa Barat, Kamis.

Pengetatan pintu masuk tersebut, kata Ma’ruf Amin, harus dilakukan di berbagai perjalanan, baik darat, laut, maupun udara.

“Baik di lapangan, udara, maupun pintu laut, itu semua dilakukan pengetatan-pengetatan. Jadi, arahnya pada pengetatan,” kata Wapres menegaskan.

Selain itu, upaya Pemerintah untuk mencegah penularan virus varian Mu lebih luas ialah dengan penerapan protokol kesehatan ketat dan menguatkan testing, tracing, dan treatment (3T).

“Kita mempersiapkan kemampuan kita untuk menangkal virus baru itu dari dalam dengan memperketat penerapan protokol kesehatan dengan 3M, kemudian juga testing dan tracing,” kata Wapres .

Sementara itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terus berkoordinasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk memantau pergerakan virus Mu.

BACA JUGA  Mewaspadai Varian Mu di Tengah Penurunan Covid-19

LEAVE A REPLY