Pengendara motor melaju di atas jembatan Bendung Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (7/2/2021).  ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/aww. (ARIF FIRMANSYAH/ARIF FIRMANSYAH)

ZNEWS.ID, JAKARTA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor menyiagakan tiga tim lapangan mengantisipasi bencana memasuki musim hujan, menyusul sejumlah kejadian pohon tumbang, rumah roboh dan luapan air saat hujan deras disertai angin kencang pada Rabu (8/9).

“Tim segera mendatangi lokasi bencana untuk memberikan bantuan,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor, Theofilo Patrocinio Freitas.

Ia menyebutkan pada Rabu (8/9) saat hujan deras disertai angin kencang dan petir, terjadi enam peristiwa bencana di Kota Bogor, yakni tiga peristiwa pohon tumbang di tiga lokasi, salah satunya menimpa empat mobil yang parkir di kawasan Gunung Batu, Bogor Barat.

Selain itu terjadi sejumlah rumah roboh dan luapan air di tiga lokasi lainnya di Kota Bogor.

Menurut Theofilo, BPBD Kota Bogor juga menyiapkan peralatan untuk pertolongan kejadian bencana, seperti mesin senso (gergaji mesin) dan tali tambang untuk mengikat dan memotong pohon, jika terjadi pohon tumbang yang menimpa atap rumah atau menutupi badan jalan.

Tenda terpal untuk pengungsian sementara warga, jika terjadi rumah roboh akibat tanah longsor atau banjir.

“Kami juga menyiapkan hunian sementara, jika ada korban bencana yang rumahnya hancur dan membutuhkan tempat tinggal sementara,” katanya.

LEAVE A REPLY