Tangkapan layar dari Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual, Jakarta, Kamis (20/5/2021) (ANTARA/Prisca Triferna)

ZNEWS.ID, JAKARTA – Ketua Tim Pakar Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengemukakan bahwa terdapat tiga fase dalam penanganan pandemi COVID-19 oleh pemerintah, yaitu merespon, memperbaiki, dan mempertahankan.

“Pada prinsipnya, respon pemerintah dalam menangani pandemi COVID-19 dibagi tiga fase, yaitu merespon, memperbaiki, dan mempertahankan,” ujarnya dalam konferensi pers yang dipantau via daring di Jakarta, Selasa.

Ia memaparkan, pada fase merespon, penanganannya diprioritaskan pada sektor-sektor esensial paling terdampak, seperti sektor kesehatan dan ekonomi.

“Dalam situasi merespon ini, baik pemerintah maupun masyarakat dituntut untuk bisa beradaptasi dengan sangat cepat melalui kebijakan berskala nasional dan dilaksanakan serempak,” katanya.

Ia menyampaikan, beberapa kebijakan yang diambil dalam fase merespon ialah menjaring kasus untuk mencegah perluasan penularan.

Kemudian, meningkatkan kapasitas sistem kesehatan dengan fokus memenuhi kebutuhan kritis jangka pendek seperti kebutuhan “testing kit”, tempat tidur maupun oksigen, intensif melakukan komunikasi serta informasi kesehatan kepada masyarakat terhadap kondisi kegentingan yang terjadi.

“Dari segi ekonomi pemerintah mencoba memberikan bantuan sosial secara merata,” katanya.

BACA JUGA  Satgas COVID-19 Optimistis Bali Segera Capai "Herd Immunity"

LEAVE A REPLY