Ilustrasi: Seorang warga menunjukan aplikasi PeduliLindungi yang telah diinstal pada gawai miliknya di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (14/1/2021). (Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru/rwa)

ZNEWS.ID JAKARTA – Platform PeduliLindungi kini dilengkapi dengan fitur status vaksinasi untuk melihat seseorang bisa bepergian dengan aman. Pembaruan tersebut terjadi sejak Agustus lalu, seiring dengan rencana pemerintah untuk memperluas aplikasi penelusuran kontak tersebut pada 7 September.

Status vaksinasi saat ini bisa ditemukan baik di aplikasi maupun situs resmi PeduliLindungi.id. Untuk melihat status vaksinasi, kunjungi tab Akun pada aplikasi PeduliLindungi atau masukkan nama lengkap dan nomor induk kependudukan pada situs resmi.

Status Vaksinasi

Status vaksinasi pada setiap orang mungkin akan berbeda, ditandai dengan warna hijau, kuning, merah, dan hitam.

Warna hijau akan muncul jika pemilik identitas tersebut sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 penuh alias dua dosis. Keterangan yang ada di bawah warna hijau menyebutkan: “Saat ini Anda dapat bepergian dengan aman ke fasilitas publik”.

Jika melihat warna kuning, artinya pemilik identitas sudah mendapatkan vaksin Covid-19 dosis pertama. Dia bisa bepergian ke fasilitas publik dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Sementara itu, jika yang muncul adalah warna kuning, orang tersebut belum divaksin Covid-19. Biasanya, warna merah akan disertai dengan keterangan bahwa dia siap divaksinasi, lokasi vaksin bisa di seluruh fasilitas kesehatan yang melayani vaksinasi Covid-19.

Mengenai status bepergian, orang dengan status vaksinasi merah tidak bisa bepergian ke fasilitas publik.

BACA JUGA  5 Aplikasi Edit Foto Bernuansa Natal dan Liburan

LEAVE A REPLY