Ilustrasi tips untuk orang tua yang sibuk agar tetap dekat dengan anak. (Foto: startupnation.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – Pilihan berkarir bukan menjadi suatu hal yang salah bagi orang tua. Menjadi bagian dari pembangun bangsa dan agama adalah tugas seluruh manusia. Islam memberikan petunjuk bahwa manusia bertugas menjadi khalifah di muka bumi dalam bidangnya masing-masing.

Meski sibuk, orang tua tetap harus memedulikan dan mendidik Anak. Adanya pengasuh atau orang yang membantu dalam mengurus anak tidak berarti tanggung jawab mendidik menjadi milik mereka.

Tanggung jawab tersebut tetaplah milik orang tua, dan menjadi tugas Anda seumur hidup hingga anak tumbuh dewasa. Berikut hal-hal yang bisa orang tua lakukan sebagai ibu, walaupun memiliki kesibukan berkarir di luar rumah.

1. Sempatkan Minimal 1-2 Jam Setiap Hari Bersama Anak

Jika aktivitas bertemu client, membuat perencanaan kerja, deadline tugas, ataupun rapat kerja bersama pimpinan telah masuk dalam agenda dan jadwal mingguan Anda, jangan lupa untuk memasukkan waktu bercengkrama dengan si kecil setiap harinya.

Menyempatkan waktu minimal 1 sampai 2 jam sehari, namun berkualitas, cukup untuk menjaga hubungan Anda dengan anak. Setidaknya, waktu 1 hingga 2 jam anak dapat bercerita pada Anda tentang kegiatan kesehariannya tadi, menemaninya belajar, atau sekadar bercerita curahan hatinya baik senang ataupun sedih pada Anda.

Komunikasi orang tua dengan anak tentunya sangat dibutuhkan. Untuk itu, jangan sampai lewatkan keseharian Anda untuk berkomunikasi dengannya. Walau hanya sekadar mengobrol di kamarnya, saat menjelang tidur atau beristirahat santai.

2. Buat Saran Kegiatan atau Tugas untuk Anak

Jika Anda khawatir dengan kegiatan anak di saat Anda tidak ada, Anda bisa memberinya saran kegiatan dan tugas untuknya. Bahaslah hasilnya bersama atau apa yang telah dilakukaannya saat Anda pulang bekerja atau saat waktu luang.

BACA JUGA  Orang Tua Jangan Malu Ajarkan Pendidikan Seksual pada Anak

LEAVE A REPLY