Kacang kenari. (Foto: onedio.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – Kacang-kacangan adalah makanan padat nutrisi dengan banyak senyawa bioaktif, khususnya walnut atau yang sering disebut kenari. Kacang ini dapat meningkatkan kognitif dan memori.

Tak hanya itu, kenari juga memiliki banyak manfaat kesehatan lain seperti jantung, gigi, kesehatan mental, metabolisme, dan reproduksi. Kenari dikemas dengan antioksidan seperti flavonoid, asam ellagic, folat, gamma-tocopherol, alpha-tocopherol (vitamin E), delta-tocopherol, vitamin E, selenium, melatonin dan proanthocyanidins.

Selain itu, kenari juga mengandung banyak asam lemak omega-3, asam alfa-linolenat nabati, bersama dengan serat makanan, protein, magnesium, dan fosfor. Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa senyawa fenolik dalam kenari lebih besar dari jus apel dan anggur merah.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan dari kenari dikutip dari Boldsky.

1. Meningkatkan Kognisi dan Kesehatan Otak

Protein beta amiloid mempromosikan plak amiloid di otak yang mengarah pada perkembangan Alzheimer, demensia dan penyakit degeneratif lainnya dan gangguan kognitif. Kemari memiliki senyawa neuroprotektif seperti melatonin, vitamin E, lemak omega-3 dan antioksidan folat serta efek anti-inflamasi.

Mengonsumsi kenari dapat membantu meningkatkan kognisi dan memori, pembelajaran dan koordinasi motorik, sehingga meningkatkan kinerja kognitif dan meningkatkan kesehatan otak.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Kenari memiliki mekanisme kardioprotektif karena efeknya pada kadar kolesterol, detak jantung dan fungsi endotel. Kehadiran L-arginine, asam amino dalam kenari memberikan manfaat multi-vaskular bagi orang yang sakit karena masalah jantung atau berisiko besar mengalami serangan jantung.

BACA JUGA  6 Manfaat Telur Rebus, Tingkatkan Daya Ingat hingga Turunkan Berat Badan

LEAVE A REPLY