Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan  (Antara/Ricky Prayoga)

ZNEWS.ID, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim kasus COVID-19 di Jakarta saat ini sudah terkendali, dan tingkat penularannya sudah turun menjadi empat persen.

“Berdasarkan data yang saya terima, positivity rate atau tingkat penularan kasus COVID-19 di Jakarta sudah pada posisi empat persen, ataui di bawah batas ambang kategori aman menurut WHO di posisi lima persen,” kata Anies Baswedan, pada kegiatan vaksinasi,  di Vihara Dharma Jaya Toasebio Jakarta, Sabtu.

Menurut Anies Baswedan, penurunan kasus COVID-19 di Jakarta saat ini sangat signifikan. “Bahkan positivity rate pada sekitar tiga hingga empat persen. Menurut standar WHO di bawah lima persen itu disebut aman. Jadi, kondisi pandemi di Jakarta sudah terkendali,” kata Anies.

Hal tersebut, dinilainya sejalan dengan target Pemerintah Provinsi DKI Jakarta agar  makin sedikit warga terpapar COVID-19, sehingga berimbas pada ringannya sistem kesehatan di Jakarta.

Anies juga menyebut, indikator situasi pandemi COVID-19 di Jakarta, adalah kasus aktif COVID-19 yang saat ini juga turun signifikan dari sekitar 113.000 kasus pada bulan Juli, menjadi sekitar 6.000 kasus aktif saat ini.

“Artinya, dalam sebulan lebih, seluruh warga bekerja bersama menjaga protokol kesehatan dan menyaksikan penurunan yang sangat signifikan,” tutur dia.

Anies menegaskan, meskipun di Jakarta masih memiliki pekerjaan rumah, yakni harus menyelesaikan vaksinasi pada seluruh masyarakat yang menjadi sasaran, dan target yang ditetapkan pemerintah pusat, Jakarta bisa melakukan vaksinasi di atas 118 persen.

BACA JUGA  Update Corona: Positif Harian Turun di Bawah 3.000 Kasus

LEAVE A REPLY