Ilustrasi sedekah. (Foto: Ist)

ZNEWS.ID JAKARTA – Sedekah merupakan salah satu amalan yang perlu dilatih agar kita konsisten menunaikannya. Sebenarnya, sedekah itu mudah, tapi terkadang juga sulit untuk dilakukan.

Biasanya, ego mengekang kita untuk memberikan atau melakukan sesuatu untuk orang lain. Perhitungannya atas dasar untung rugi atau kita tidak mau kehilangan apa yang dimiliki karena telah memberikannya untuk orang lain.

Belum lagi, di masyarakat modern, khususnya masyarakat urban, sikap individual juga menjadi kultur atau kebiasaan. Kita dihantam dengan kompetisi, kerasnya pertarungan hidup antarkelas, dan berbagai macam tantangan lainnya.

Ini yang membuat kita sulit untuk berempati dan mau berbagi dengan ikhlas. Berikut ini adalah beberapa tips agar kita memiliki kebiasaan untuk berbagi. Beberapa tips berikut ini mungkin bisa bermanfaat jika dipraktikkan:

1. Jadikan Sedekah Kebiasaan

Kemalasan hanya bisa dilawan dengan menjadikannya sebagai kebiasaan. Sama seperti orang yang malas berolahraga, cara agar malasnya hilang adalah membiasakan diri berolahraga selama minimal 21 hari.

Biasanya, setelah itu akan terasa lebih ringan dan malah ada yang kurang jika tidak melakukannya. Awalnya memang kita yang membentuk kebiasaan, namun setelah itu, kebiasaanlah yang akan membentuk diri kita.

Cobalah setiap hari persiapkan Rp 10.000. Bersedekahlah pada tukang ojek yang mengantarkan kita ke kantor, bersedekah pada sekuriti atau OB, bersedekah pada pemulung atau tukang sampah yang kita temui di jalan. Perasaan bahagia akan menelusup dan menjadikan rasa malas bersedekah sirna perlahan-lahan.

BACA JUGA  8 Sumber Rezeki Menurut Alquran

LEAVE A REPLY