Tomat. (Foto: iStock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Makanan mentah disebut memiliki manfaat yang lebih banyak dibandingkan dengan yang sudah dimasak. Sebab, kandungan nutrisinya masih terjaga dan tidak terkena proses pemanasan.

Seperti gaya hidup vegan yang umumnya makan makanan mentah terutama yang terdiri dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian. Makanan tersebut akan lebih sehat karena tidak terekspos dengan panas yang tinggi, yang hanya akan membuat kandungan nutrisi dan antioksidannya hilang.

Berikut ini adalah daftar makanan yang bisa dikonsumsi mentah untuk mendapatkan manfaat lebih, dikutip dari Boldsky.

1. Bayam

Bayam. (Foto: Shutterstock.com)

Bayam hijau adalah salah satu sayuran berdaun hijau terbaik saat dimakan mentah karena mengandung vitamin C dan E, serat, enzim, dan asam amino dalam jumlah yang baik.

Daun bayam muda paling baik dikonsumsi mentah. Saat dimasak, bayam tidak hanya kehilangan rasanya tetapi juga asam aminonya.

2. Wortel

Wortel mentah memberikan nilai gizi paling banyak dibandingkan wortel yang dimasak. Makanan mentah ini baik untuk mata dan dapat menjaga tubuh tetap energik.

3. Ketimun

Untuk mendapatkan semua rasa dan tekstur yang renyah, sebaiknya konsumsi mentimun secara mentah. Mereka juga bisa dimakan sebagai camilan rendah kalori atau dipasangkan dengan hummus, minyak zaitun atau garam.

BACA JUGA  Batasi Garam saat Lebaran agar Imun Tak Terganggu

LEAVE A REPLY