Ilustrasi hari pertama sekolah. (Foto: makmalpendidikan.net)

Oleh: Andri Yulian Christyanto

ZNEWS.ID JAKARTA – Guru, masih ingatkah dengan pengalaman pertama mengajar? Bagaimana rasanya? Tentunya ada kesan tersendiri bagi guru sekalian saat baru pertama kali tampil di depan siswa untuk menyampaikan materi.

Entah dari segi persiapan diri, pesiapan materi, menyusun permainan yang berkesan atau membawa berbagai perlengkapan yang dapat  menunjang pembelajaran. Biasanya, pengalaman hari pertama mengajar ini menjadi motivasi untuk pembelajaran selanjutnya. Bukan begitu, Guru?

Sama halnya dengan siswa, hari pertama masuk sekolah biasanya menjadi salah satu momen yang tidak akan terlupakan oleh mereka. Tahun ajaran baru adalah saat yang penuh emosi bagi mereka, ada senang, ada penasaran, ada juga perasaan kuatir bahkan rasa takut.

Tak jarang untuk  beberapa kasus ditemukan siswa yang tidak rela melepas masa liburnya dan berakibat siswa tidak bersemangat untuk kembali bersekolah. Liburan yang berkesan akan mengalahkan euforia hari pertama. Apakah guru juga pernah menemukan kasus yang serupa?

Idelanya, tugas kita sebagai seorang pendidk selain membuat administrasi pembelajaran, evaluasi pembelajaran serta tugas yang lain, kita juga harus mampu untuk mengatasi “kebosanan” di hari pertama sekolah.

Terbayang, bagaimana tidak menyenangkannya belajar kalau hari pertama masuk sekolah sudah membosankan. Dan, hal ini bisa berdampak pada kegiatan satu semester kedepan. Wah, tentunya akan sangat mengerikan.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa tips yang dapat Guru lakukan supaya tercipta atmosfer hari pertama masuk sekolah yang penuh semangat dan Insyaallah berkesan bagi siswa kita, apa saja, ya, kira-kira?

BACA JUGA  Memutus Siklus Permasalahan Pendidikan Indonesia

LEAVE A REPLY