Sirkuit Zandvoort Belanda (istimewa)

ZNEWS.ID, JAKARTA – Penyelenggara Grand Prix Belanda mengharuskan penonton menggunakan moda transportasi selain mobil untuk menuju Sirkuit Zandvoort saat sirkuit di pesisir dekat Amsterdam itu kembali menggelar balap F1 setelah 36 tahun.

Para fan yang ingin menyaksikan pahlawan lokal Max Verstappen di kampung halamannya itu memberikan tantangan tersendiri bagi penyelenggara, bagaimana membawa ratusan ribu penonton dalam sehari ke resor kecil di pesisir yang memiliki hanya dua akses jalan.

Kota kecil dengan penduduk sekira 17.000 di pesisir Laut Utara itu menutup dua akses jalan yang ada, memaksa para fan memilih moda transportasi lain.

Hampir 25.000 fan pada Jumat memilih menggunakan sepeda untuk menuju ke trek yang terletak 25km di Barat Amsterdam itu, kata penyelenggara seperti dikutip Reuters.

Sedangkan 27.000 lainnya naik kereta, karena semua mobil dilarang memasuki resor pantai tersebut.

Mereka diimbau untuk naik kereta atau memarkir mobil mereka di sejumlah lapangan parkir yang tersedia di sekitar wilayah itu dan menggunakan ribuan sepeda sewaan yang tersedia untuk menempuh 10 hingga 30km menuju sirkuit.

Hal itu menjadi semacam sindiran untuk para aktivis lingkungan, yang menghabiskan dua tahun terakhir memprotes balap F1 yang digelar di wilayah cagar alam itu, pada akhirnya mungkin bisa berlega hati karena ‘tidak ada mobil melintas’ di sana.

BACA JUGA  Verstappen Kecelakaan, Hamilton Juara GP Inggris

LEAVE A REPLY