Ilustrasi pendidikan keluarga dalam Al-Qur’an. (Foto: Shutterstock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Islam adalah agama fitrah. Sehingga, dalam fitrah itu Islam juga memiliki pengaturan antarsesama manusia. Termasuk dalam hal muamalah, terdapat pengaturan masalah keluarga.

Keluarga sakinah mawaddah wa rahmah menjadi harapan setiap keluarga. Syariat Islam memberikan konsep dalam hal ini. Maka, sangat penting bagi kita membahas konsep Islam tentang keluarga ideal ini.

Keluarga menjadi penentram hati. Setiap anggota keluarga menjadikan rumahnya sebagai penentram hati, limpahan kasih sayang, dan memberikan nafkah. Sehingga, konsep keluarga Islam idaman ini sangat perlu disajikan.

Keluarga menjadi tempat memelihara diri. Abdullah bin Abbas RA memberikan penafsiran kepada QS At-Tahrim, ayat 6, sebagai berikut: “Kamu semua hendaknya mengajar keluargamu dalam urusan-urusan syariat Allah dan didiklah mereka dengan akhlak yang sempurna.”

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”

Definisi Keluarga

Secara bahasa, asal katanya dari Islam. Maka rujukannya adalah Al-Qur’an. Sebab, jika menginginkan konsep Islam mengenai keluarga harus dimulai bagaimana Al-Qur’an mendudukkannya.

BACA JUGA  8 Topeng Kehidupan

LEAVE A REPLY