Ilustrasi sedekah. (Foto: Ist)

ZNEWS.ID JAKARTA – Selain membawa ketenangan hati, bersedekah juga bisa membawa keresahan. Bagaimana mungkin sedekah membawa keresahan? Jika dilakukan dengan tidak tepat, sedekah justru bisa melahirkan keresahan dan kekacauan.

Oleh sebab itu, penting sekali memastikan sedekah yang kita keluarkan dilakukan dengan tepat. Berikut ini syarat mutlak sedekah yang dapat membawa ketenangan hati:

1. Tahu Ilmunya

Umar bin Abdil Aziz rahimahullah berkata:

“Barangsiapa yang beribadah kepada Allah tanpa ilmu, maka ia lebih banyak merusak dibandingkan memperbaiki.” (Dari kitab Majmu’ Fataawa Ibn Taimiyyah: 2/383)

Sebelum membabi buta mengikuti sedekah 100% yang dilakukan oleh Abu Bakar radhiallahu anhu, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu prioritas sedekah. Karena, sesungguhnya Rasulullah telah memberitahukan kita bagaimana sedekah yang terbaik.

“Dinar yang engkau infakkan di jalan Allah, dinar yang engkau infakkan untuk membebaskan budak, dinar yang engkau sedekahkan kepada orang miskin, dan dinar yang engkau nafkahkan kepada keluargamu, pahala yang paling besar adalah dinar yang engkau nafkahkan untuk keluargamu.” (HR Muslim, Ahmad, dan Baihaqi)

Lihatlah, betapa tingginya posisi bersedekah pada keluarga sendiri! Oleh sebab itu, jika kita memiliki istri dan anak, penghasilan kita, katakanlah hanya ada lima juta rupiah, maka pertama-tama prioritaskan untuk menanggung kebutuhan harian istri dan anak terlebih dahulu.

Selanjutnya, penuhi kebutuhan orang tua dan mertua, kemudian penuhi kebutuhan kerabat dekat yang membutuhkan.

BACA JUGA  Dompet Dhuafa Serahkan Bantuan Mobil Ambulans kepada K3I di Bogor

LEAVE A REPLY