Ilustrasi mendongeng. (Foto: Pexels.com/C Technical)

ZNEWS.ID JAKARTA – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) DKI Jakarta dan dan Bunda PAUD Provinsi DKI Jakarta, Fery Farhati, menegaskan pentingnya mendongeng untuk tumbuh kembang anak karena bisa menanamkan nilai moral lewat cerita yang disampaikan.

“Dongeng dapat melatih panca indra, kemampuan emosi, dan menanamkan nilai moral. Indonesia punya banyak cerita dongeng yang sarat nilai luhur bangsa,” kata Fery dalam konferensi pers daring, Kamis (2/9/2021).

Kegiatan mendongeng memiliki manfaat bagi anak terutama dalam merangsang kreativitas dan kecerdasan anak. Mendongeng merupakan bagian dari pendidikan bersama antara anak dan orang tua, yang saling mencerahkan.

Istri Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, itu mengatakan bahwa orang tua harus memahami anak-anak punya kebutuhan yang sama saat pandemi maupun sebelum pandemi. Oleh karena itu, orang tua berperan penting dalam membuat anak merasa bahagia, mendapat gizi cukup, dan mendapat stimulasi agar tumbuh kembangnya optimal.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jawa Barat, Atalia Praratya Kamil, menuturkan bahwa kegiatan mendongeng bisa menjadi langkah sederhana menanamkan kebiasaan baik literasi sejak dini. Apalagi Indonesia masih punya tingkat literasi rendah.

“Kegemaran baca bukan bawaan lahir, tapi pembiasaan sejak kecil secara terus menerus,” ujar dia.

Atalia menegaskan pentingnya mengoptimalkan pertumbuhan anak agar mereka menjadi orang yang kreatif, inovatif, solutif, serta bisa bersaing di kemudian hari.

BACA JUGA  Kiat Bagi Waktu agar Anak Tak Terabaikan saat WFH

LEAVE A REPLY