Ilustrasi aplikasi Instagram. (Foto: Istimewa)

ZNEWS.ID JAKARTA – Aplikasi media sosial Instagram dilaporkan tumbang, down, siang ini di sejumlah negara, termasuk Indonesia, Singapura, dan Malaysia.

Sejumlah pengguna melaporkan beranda Instagram tidak bisa di-refresh. Pengguna juga mengeluhkan masalah tersebut di platform Twitter dan menjadi trending topic di Indonesia dengan tagar #instagramdown.

Hingga pukul 16.30, tercatat 9.746 tweet telah mengunggah cuitan terkait tumbangnya aplikasi Instagram.

Berdasarkan pantauan di situs Downdetector, terdapat 253 laporan dari pengguna pada pukul 12.25 dan jumlahnya semakin meningkat dengan puncak 702 laporan pada pukul 14.01.

Setelah pukul 2 siang, laporan mulai melandai perlahan-lahan hingga laporan terakhir yang masuk pukul 16.03 berjumlah 21.

Ada tiga masalah utama yang paling banyak dilaporkan pengguna, meliputi 68 persen masalah terkait umpan berita, 18 persen tidak bisa masuk (login), dan 15 persen mengalami kendala di situs website.

Hingga saat ini, belum diketahui penyebab Instagram tumbang dan pihak Instagram belum memberi penjelasan dan pernyataan lebih lanjut mengenai masalah tersebut.

Editor: Agus Wahyudi
Sumber: Antara

LEAVE A REPLY