Suasana lengang di Jakarta saat PPKM Darurat. (Antara)

ZNEWS.ID, JAKARTA – Seluruh masyarakat yang ada di Jakarta diminta menunjukkan sikap kesadaran seperti di negara-negara maju dalam menjalankan berbagai aturan termasuk ketentuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Menrut Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza, kesadaran dalam mematuhi berbagai ketentuan kebijakan pemerintah itu harus dilakukan tanpa perlu diawasi terus-menerus, seperti yang dimiliki warga di kota maju.

“Kami ingin di Jakarta seperti kota-kota maju di dunia semuanya karena kesadaran kita bersama mematuhi aturan tidak musti ada aparat,” kata Riza dalam sebuah wawancara virtual di Jakarta, Sabtu.

Ia mencontohkan, warga kota-kota maju mengerti tidak boleh membuang sampah sembarangan. Aturan ini disikapi dengan patuh dan taat, meski tidak ada aparat yang mengawasi.

Terutama, tambah dia, mengenai ketentuan kebijakan masa pandemi dengan menerapkan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang disesuaikan, maka masyarakat harus sadar bahwa kesehatan adalah kebutuhan semua orang.

“Masyarakat harus membuktikan Jakarta adalah kota dunia, jadi sekalipun tidak ada aparat berkegiatan di berbagai tempat harus sesuai ketentuan termasuk syarat vaksinasi dan ketentuan durasi di warung makan,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah DKI melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) menetapkan sejumlah penyesuaian aktivitas selama masa PPKM Level 4 bagi Jakarta. Salah satunya makan di tempat warung nasi atau pedagang kaki lima (PKL) dengan beberapa ketentuan.

BACA JUGA  Rabu Ini DKI Jakarta Cerah

LEAVE A REPLY