MIS (Madrasah ibtidaiyah Swasta) Dusun Tubeket resmi dibuka kembali dan mengawali pendidikan ajaran baru 2021-2022 setelah hampir tiga tahun tutup. (Foto: cordofa.org)

Oleh: M Angga Prasetija (Dai Pemberdaya Dompet Dhuafa)

ZNEWS.ID MENTAWAI – Pendidikan di pedalam Dusun Tubeket, Desa Makalo, Kecamatan Pagai Selatan, Kepulauan Mentawai mulai aktif kembali. Sistem pembelajaran di madrasah ibtidaiyah swasta itu hampir tiga tahun tutup.

Bukan karena Covid-19, melainkan memang pendidikan di pelosok kurang mendapat perhatian dari beberapa elemen, baik dari segi sumber daya manusia dan lokasi jarak yang berada di antara laut dan perbukitan.

Alhamdulillah, setelah hampir tiga bulan berdiskusi dengan tokoh-tokoh agama, elemen masyarakat, dan aktivis pendidikan yang ada di Pulau Pagai Utara Selatan, akhirnya pada Senin (26/7/2021), MIS (Madrasah ibtidaiyah Swasta) Dusun Tubeket resmi dibuka kembali dan mengawali pendidikan ajaran baru 2021-2022.

MIS (Madrasah Ibtidaiyah Swasta) Dusun Tubeket resmi dibuka kembali dan mengawali pendidikan ajaran baru 2021-2022 setelah hampir tiga tahun tutup. (Foto: cordofa.org)

Sekitar lima anak masyarakat muslim yang ada di Dusun Tubeket telah mendaftarkan diri dan tidak perlu khawatir sekolah di seberang desa yang dulunya di tempuh sejauh 1 km melewati sawah dan hutan. Dan, harus berjalan kaki bagi anak yang orang tuanya tidak memiliki sepeda motor.

Inilah pendidikan anak-anak bangsa yang berada di daerah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal). Mereka mempunyai cita dan semangat yang tinggi dalam belajar.

MIS (Madrasah Ibtidaiyah Swasta) Dusun Tubeket resmi dibuka kembali dan mengawali pendidikan ajaran baru 2021-2022 setelah hampir tiga tahun tutup. (Foto: cordofa.org)

Walaupun, sekarang masih dengan kondisi seadanya. Menggunakan bangunan masjid untuk tempat sekolah dan meja kecil panjang tak berkursi layaknya sekolah pada umumnya.

Tapi, itulah semangat anak muslim yang ada di Mentawai Dusun Tubeket ini. Mereka tetap semangat belajar untuk mengejar manisnya ilmu di dunia pendidikan sekolah dasar.

BACA JUGA  Dompet Dhuafa dan Sahabat Berbagi Bagikan 200 Paket Makanan Buka Puasa

LEAVE A REPLY